Membangun Radio Online/Streaming di Ubuntu

Udah lama aku tidak menulis artikel, kebetulan dulu sekali ak sempat membuat radio online/streaming, dengan menggunakan host yang gratisan, saat membuat radio online dulu aku masih menggunakan sistem operasi “Jendela”, sedangkan untuk Linux khususnya Ubuntu aku belum pernah mencoba, nah tadi malam saat cerita sama teman-teman, mereka menanyakan radio online saya yang dulu mereka nyuruh saya bikin lagi biar suasana di forum kita lebih meriah.

Setelah googling bentar nemu juga caranya di situs :  klik disini

Oke dah berikut langkah dan tahapan membuat radio online di lingkungan Ubuntu :

Pertama kita harus memiliki sistem operasi Ubuntu

Kedua Koneksi internet dengan kecepatan upload minimal 128kbps yang unlimited.

Ketiga Internet DJ Console (Download di Ubuntu Software Center)

Cara membuat :

Untuk membuat sebuah Radio Streaming kita memerlukan sebuah server yang menyediakan layanan tersebut. Ada banyak server-server radio streaming semacam ini, tapi disini kita akan menggunakan layanan dari caster.fm. Silahkan masuk ke web tersebut, lakukan registrasi, isi semua form, lakukan aktifasi email akun, login kembali ke caster.fm, lalu masuk ke kontrol panelnya

Klik Start Server untuk mengetahui server ip dan port radio kalian.

Tampilan data info server radio

Sekarang install dulu Internet DJ Console nya di Ubuntu Software Center

Setelah terinstall, silahkan dibuka softwarenya lalu masuk ke Output > Configuration > Connection > New dan lakukan konfigurasi seperti dibawah ini.

  • server type: icecast 2 master
  • hostname: di isi dengan server ip radio kalian
  • port number: di isi dengan port radio kalian
  • mounth point: /listen.mp3
  • login name: source
  • password: di isi dengan broadcast pasword kalian (kan tadi waktu register di caster.fm diminta dua password, satu password untuk kontrol panel dan satu untuk broadcast password.

Selanjutnya pilih tab Format lalu setting seperti ini :

nb : Untuk bitrate bisa kalian sesuaikan dengan kecepatan internet kalian, tapi jangan kurang dari 32kbps karena nanti kualitas suaranya akan jelek.

Kemudian kalian tinggal klik Connect untuk menjalankannya. Indikator lampu warna hijau menandakan kalau koneksinya telah berhasil dan aktif.


Dan yang terakhir adalah mengetes apakah si Internet DJ Console sudah singkron dengan baik sama si caster.fm, kalian tinggal klik gambar rumah yg ada di samping kanan “stop server” lalu lihat di “now playing” apakah judul lagu yg kalian putar sama seperti yg tertulis di situ atau tidak. Dan, selamat kalian telah memiliki Radio Streaming Online sendiri dengan Ubuntu

SELAMAT MENCOBA………….SALAM PINGUIN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: